Motif Batik Khas Solo Yang Indah

By | December 4, 2017

seragam batikBatik merupakan salah satu ciri khas yang menggambarkan budaya Indonesia. Ketenaran batik tidak pernah lekang oleh zaman sehingga eksistensi batik selalu ada dan selalu melonjak naik. Apa lagi di era modern ini bahan batik selalu dimodifikasi menjadi model-model yang sangat menarik, sehingga bisa dikolaborasikan antara motif batik khas Indonesia dengan model yang kekinian yang tentunya stylish dan fashionable. Perlu Anda ketahui bahwasanya ada berbagai macam batik yang ada di Indonesia, mulai dari batik Pekalongan, batik solo dan lain sebagainya. Setiap batik ini memiliki ciri khas mereka masing-masing dengan motifnya yang unik dan menarik. Perlu diketahui bahwasanya peminat batik tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga dari bangsa asing. Bahkan sering kita lihat banyak touring asing dengan bangganya menggunakan kain khas Indonesia ini, sehingga sebagai bangsa Indonesia yang berbudaya, kita perlu melestarikan batik Indonesia.

Dua Motif Batik Solo Yang Perlu Anda Ketahui

Batik solo merupakan salah satu batik Indonesia yang sangat terkenal dan dikagumi keunikannya. Motifnya yang beraneka ragam serta memiliki filosofi tertentu membuat masyarakat semakin tertarik untuk menggunakan pakaian dengan motif ini. Batik ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan sangat dinilai sakral oleh masyarakat Indonesia. Dahulu batik ini selalu digunakan oleh orang keraton, tetapi kini siapa pun bisa menggunakan batik motif ini, karena siapa yang menggunakan batik tidak menggambarkan akan kedudukan dan derajatnya. Ada beberapa motif yang dimiliki oleh batik ini, yaitu batik kawung dan batik parang. Batik kawung saat ini sering disebut dengan batik kantoran karena kebanyakan motif ini digunakan saat acara-acara formal saja. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dipakai saat melakukan aktivitas sehari-hari dengan mengombinasikan dengan warna yang polos.  Sedangkan batik parang merupakan batik yang tertua di Indonesia yang sudah ada sejak kraton Kartasura. Zaman dahulu ini hanya boleh dipakai oleh kaum bangsawan saja, tetapi sekarang semua orang boleh memakainya.

Itulah contoh motif batik solo yang perlu Anda ketahui. Ana bisa memilih motif mana saja yang Anda sukai sehingga Anda bisa melestarikan budaya Indonesia dengan baik. Motif ini akan tetap cocok apabila dikombinasikan dengan model yang modern, sehingga akan terlihat lebih menarik.

Related posts: